Politeknik Pusmanu

Politeknik PUSMANU berdiri di bawah naungan Yayasan Al Utsmani Pekalongan. Politeknik adalah institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan professional dibidang keahlian tertentu, nama PUSMANU singkatan dari Perguruan Tinggi Usaha Sosial Masyarakat bersama Nahdlatul Ulama )

Politeknik Pusmanu berdiri secara resmi dibawah Yayasan Al-Utsmani pada tanggal 2 Februari 2002 berdasarkan SK Yayasan Al-Utsmani Pekalongan Nomor : C.089/YYS.AL-UTSMANI/II/02. Latar belakang berdirinya Politeknik Pusmanu Pekalongan ini muncul dari suatu keprihatinan H. Arifin Utsman sebagai seorang pengusaha dan sosok yang telah lama berkecimpung dalam kegiatan social kemasyarakatan, melihat tingkat pengangguran yang terus meningkat, terlebih setelah menyaksikan adanya kesenjangan yang cukup tajam antara lulusan perguruan tinggi yang bergelar sarjana dengan kompetensi dan keahlian yang tidak relevan dengan bidang kerja yang tersedia.  Sebagai pengusaha batik beliau juga merasa khawatir, jika Batik Pekalongan kehilangan sejarahnya sebagai Kota Batik karena tidak ada lembaga yang memperhatikan, mengembangkan dan membudayakan batik bagi generasi penerus secara formal dalam sebuah institusi, maka beliau berobsesi mendirikan lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang PEMBATIKAN.

Sementara itu karena keterbatasan sumberdaya yang dimiliki, keprihatinan H. Arifin Utsman terbatas hanya wacana saja di lingkungan yayasan.  Disisi lain seorang akademisi yang berasal dari Kota Batik dan lama berkiprah sebagai dosen di salah satu Perguruan Tinggi, Ahmad Subagyo, SE.MM., Sebagai KONSEPTOR dipertemukan dengan seorang Aghniya’ H. Arifin Utsman oleh Drs. Soni Hikmalul,  Setelah melalui masa ta’aruf yang cukup panjang, atas izin Allah SWT akhirnya disepakati oleh H. Arifin Usman untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang diberi nama POLITEKNIK PUSMANU di Pekalongan.